5.8 C
New York
Maret 26, 2020
Garuda Papua
News

Upacara Detik-Detik Proklamasi di Kabupaten Puncak Jaya

Bertempat di lapangan Alun-Alun Kota Baru Mulia, Upacara Bendera memperingati HUT Ke 74 Kemerdekaan RI berlangsung, Irup Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos. S.IP. MM., Perwira Upacara Kapten Inf. Harapan, Danup Kapten Corp Zeni  Eka Rian dan Danki Paskibra Letda Inf. Andre R. Fadhila. Hadir dalam Upacara Forkopimda Puncak Jaya yaitu Ketua DPRD diwakili Iskandar Tabuni, Kapolres Puncak Jaya AKBP Ary Purwanto, S.IK, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Agus Sunaryo dan Plt Sekda Tumiran, S.Sos. M.AP,  Ketua PKK, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit dan ketua DWP.

Upacara berlangsung hikmat dan meriah yang diikuti oleh platon ASN, TNI, Polri, Pol PP, BUMD/BUMN, Toga, Tomas, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Ormas, Pelajar, Masyarakat Umum dan Barisan Nusantara dengan pakaian adat daerah.

Seluruh peserta terpanah dan terkesimak menyaksikan Paskibra dengan langka tegap dan seirama berjalan menuju lapangan upacara. Anggota paskibra adalah siswa siswi pilihan dari SMA Negeri 1 Mulia dan SMK Negeri 1 Mulia yang sebanyak 17 orang putra dan 13 orang putri serta didukung barisan 45 dari anggota TNI dan Polri.

Olepa Wonda Siswi SMA N. 1 Mulia dipercayakan sebagai pembawah bendera, pengibar terdiri dari 3 orang siswa SMA N. 1 Mulia yaitu Yurion Wanimbo pemegang bendera, Mandison Tabuni Pembentang bendera dan Frederikus B.C. Wonda penarik bendera. Danton Paskibra Muh. Syahrul Siswa SMA N. 1 Mulia.

Pemegang bendera dengan suara lantang memberi komando “Bendera Siap” dilanjutkan Danup “Pada Sang Merah Putih Hormat Senjata Grak” seluruh peserta melakukan penghormatan dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Dalam acara pengibaran bendera, bertindak sebagai Pembaca Teks Proklamasi Sekwan Puncak Jaya Daud Wondamili, Pembaca Doa Kakan Kemenag Puncak Jaya, Pembaca Pembukaan UUD 45 Kepala BKD Yus Baminggen dan pembawa acara Ida. Pengibaran bendera  berlangsung lancar, hikmat dan aman selama kurang lebih 45 menit.

Sehabis pengibaran bendera dilanjutkan Prosesi Resepsi Kenegaraan di Aula Sasana Kaonak yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Dalam sambutannya, Bupati Puncak Jaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang dengan tenaga, harta, pikiran bahkan nyawa untuk merebut kemerdekaan, oleh karena itu mari kami mengisi kemerdekaan dengan mengutamakan pengembangan SDM sebagai mana tema SDM Unggul Indonesia Maju.

Tepat jam 17.00. wit dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera dengan Irup Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Agus Sunaryo, Perwira Upacara Kapten Inf. Indra Siswanto, Danup …….. Danki Paskibra Letda Inf. Triaris Tidiyanto, pembawa bendera Isma Palobo siswa SMA N. 1 Mulia.

Dalam upacara kali ini dimeriahkan Grup Band Ulagae Asal Jayapura dan panjat pinang serta pembagian hadiah bagi pemenang lomba/pertandingan.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dilaksanakan pula di Distik Ilu dengan Irup Wakil Bupati Deinas Geley, S.Sos. M.Si yang diikuti 8 Distrik.

Related posts

Gerak Jalan Indah Hut 74 RI dilepas Wakil Bupati Puncak Jaya

Garuda

Tolak Revisi UU, Pegawai KPK Gelar Aksi Tutup Logo di Gedung Merah Putih

Aurelianaura

Dituding Jadi Informan Polisi oleh Elza Syarief, Nikita Mirzani Tak Nyaman

Aurelianaura

Leave a Comment